Jumat, 26 Desember 2008

Green Lantern (lagi)



In brightest day, in blackest night,
No evil shall escape my sight
Let those who worship evil's might,
Beware my power...Green Lantern's light!
- Hal Jordan dan semua anggota Green Lantern Corps -


Green Lantern merupakan nama dari beberapa karakter superhero yang muncul dalam komik-komik terbitan DC Comics. Yang pertama (Alan Scott - akan saya gambar nanti) diciptakan oleh Bill Finger (orang yang seharusnya merupakan co-creator dari Batman) dan artist Martin Nodell dalam All-American Comics #16 (Juli 1940).

Tiap Green Lantern memiliki power ring yang dapat memberikan penggunanya kendali besar atas dunia fana selama pemiliknya memiliki kekuatan tekad (willpower) dan tenaga yang cukup untuk mengendalikannya. Cincin Green Lantern pertama, Alan Scott, merupakan cincin dengan kekuatan sihir, sementara cincin yang dipakai oleh para Green Lantern generasi berikutnya merupakan teknologi ciptaan Guardians of the Universe yang memberikan cincin-cincin tersebut kepada kandidat yang pantas (orang-orang yang dapat mengatasi rasa takut - those who can overcome great fear). Individu-individu ini merupakan kesatuan polisi intergalaktik yang dikenal sebagai Green Lantern Corps.


Kostum Green Lantern-nya Hal Jordan ini (dan juga pada posting saya sebelumnya) merupakan desain kostum karya Gil Kane, yang nama aslinya Eli Katz, seorang comic book artist yang karirnya terbentang antara tahun 1940an hingga 1990an. Kane co-created versi superhero modern dari Green Lantern dan Atom untuk DC Comics. Ia juga terlibat penulisan cerita untuk The Amazing Spider-Man #96-98 (Mei-Juli 1971). Kane juga merupakan salah satu pioneer purwarupa atau prototype untuk graphic novel, His Name is...Savage pada tahun 1968 dan seminal graphic novel, Blackmark pada tahun 1971.

Hal Jordan merupakan satu di antara 4 Green Lantern yang menjaga sektor 2841, termasuk Bumi. Green Lantern lainnya antara lain John Stewart (yang berkulit hitam), Guy Gardner, dan Kyle Rayner (pernah dikenal sebagai Ion).


Cerita yang panjang dari karakter Hal Jordan ini (termasuk saat ia menjadi penjahat bernama Parallax dan menjadi Spectre) tidak akan saya ceritakan di sini karena akan terlalu panjang jadinya.


Balik ke topik art gambarnya. Gambar yang satu ini jadi semacam hasil percobaan saya untuk cara dan tipe gambar yang sedikit lebih sederhana dan berbeda dari gambar-gambar saya sebelumnya. Saya mencoba memasukkan sedikit gaya DC Animated Universe (yang memulai debutnya melalui Batman: The Animated Series dan berakhir dengan Justice League Unlimited). Tentu saja saya juga memasukkan gaya gambar saya sendiri. Pewarnaan yang saya lakukan, tetap menggunakan Photoshop CS2. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang gambar ini karena prosesnya hampir sama saja dengan gambar-gambar sebelumnya.


1 komentar:

  1. https://beritahariini45.blogspot.com/2019/03/dovizioso-pimpin-kelasemen-sementara.html

    BalasHapus